Pages

cari disini

Thursday 19 March 2015

Kolom pada struktur bangunan

Kolom merupakan struktur penyangga/tiang yang berfungsi meneruskan beban yang ada diatasnya ke struktur yang ada di bawahnya dan sehingga sampai pada pondasi bangunan tersebut. Kolom bisa di buat dengan beberapa bahan bangunan seperti dari beton, kayu, dan bambu Sesuai dengan keperluannya, namun biasanya yang mendasari pemilihan kolom adalah dari faktor beban yang ditumpu balok tersebut, ke ekonomisannya dalam pembuatan kolom tersebut, kekuatatnnya, dan kemudahannya dalam pengerjaanya, dan lain sebagainya.


Tidak hanya sebagai pemikul beban namun kolom juga sebagai elemen vertikal yang banyak digunakan, dikarenakan tidak ada beban tegak lurus pada sumbunya yang menyebabkan kolom tidak mengalami lentur secara langsung. Kolom juga dikategorikan dari panjangnya ada kolom panjang dan kolom pendek.

  • kolom panjang merupakan kolom yang kegagalannya ditentukan oleh tekuk, bukan karena kekuatan namun kegagalannya karena ketidak stabilan.
  • kolom pendek kolom yang kegagalannya berupa kegagalan material yang ditentukan oleh kukuatan material.
Fungsi kolom sangat penting bagi stuktur gedung karena apabila terjadi kegagalan pada kolom gedung bisa runtuh namu apabila kegagalannya pada balok gedung belum tentu akan runtuh.

No comments:

Post a Comment