Pages

cari disini

Saturday 21 March 2015

Alat Bantu dan Alat Ukur (Theodolite)


Merupakan alat ukur tanah yang digumakan untuk menentukan tinggi tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak, didalam theodolit sudut yang bisa dibaca bisa sampai pada satuan detik, berbeda dengan Waterpas yang hanya memiliki sudut mendatar saja. Theodolit merupakan alat yang paling canggih dalam survei dibandingkan dengan alat lain yang digunakan. pada dasarnya alat ini berupa sebuah teleskop yang ditempatkan pada suatu dasar membentuk membulat (piringan) yang dapat diputar-putar mengelilingi sumbu vertikal, sehingga memungkinkan sudut horisontal untuk dibaca





Bagian bawah pada theodolite
  1. Statif,
  2. Unting-unting,
  3. tiga skrup penyetel Nivo Kontak,
  4. Skrup repetisi,
  5. Skrup pengunci pesawat dengan statip.

Bagian-bagian pada Theodolite
  1. Lingkaran skala vertikal
  2.  Penyangga sumbu mendatar
  3. Sumbu mendatar
  4. Sumbu tegak
  5. Teropong yang dilengkapi dengan garis bidik
  6. indeks pembaca skala tegak
  7. Indeks pembaca skala mendatar 

Konstruksi Theodolit
  1. Bagian atas, terdiri dari sumbu kedua yang diletakkan pada kaki penganggah sumbu kedua, pada sumbu kedua diletakan teropong yang mempunyai diafragma dengan demikia mempunyai garis bidik. pada sumbu ini juga diletakan plat yang berbentuk lingkaran tegak sama seperti plat lingkaran mendatar.
  2. Bagian tengah terdiri dari suatu sumbu yang dimasukan kedalam tabung da ditaruh di bagian bawah, sumbu ini adalah sumbu tegak lurus ke satu. Diatas sumbu kesatu diletakan lagi suatu plat yang berbenyuk lingkaran yang mempunyai jari-jari plat pada bagian bawah.
  3. Bagian bawah, terdiri dari plat dasar dengan tiga sekrup penyetel yang menyanggah suatu tabung sumbu dan pelat mendatar berbentuk lingkaran.pada teoi lingkaran tersebut dibuat pengunci limbus.


Dengan adnya teropong pada theodolit dengan demikian theodolit dapat dibidikan kesegla arah, alat ini sering digunakan untuk menentukan sudut siku-siku pada perencanaan / pekerjaan sudut pondasi di dalam pekerjaan bangunan gedung. alat ini juga bisa digunakan untuk mengukur ketinggian gedung bertingkat.


No comments:

Post a Comment