Pages

cari disini

Friday 28 August 2015

Jalan Layang

Aktivitas di kota-kota besar seperti Jakarta memang sangat padat namun dari kepadatan aktivitas tersebut juga menimbulkan kepadatan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan dan permasalahan lain di jalanan. Perlu solusi untuk mengatasi permasalahan di jalanan diantaranya membangun jalan layang untuk memngurai kemacetan dijalan sekaligus menjadi solusi permasalahan di jalanan.

Jalan layang adalah jalan yang dibangun tidak sebidang melayang menghindari daerah atau kawasan yang mengalami permasalahan kemacetan lalu lintas. tidak hanya persoalan kemacetan tapi juga persoalan keselamatan dalam berlalu lintas seperti melewati persilangan kereta api untuk meningkatkan keselamatan berlalulintas.

Jalan layang juga merupakan jalan bebas hambatan yang berfungsi untuk mengatasi hambatan karena konflik dipersimpangan, melalui kawasan rawa-rawa ataupun melalui kawasan yang sulit. biasanya dibagian bawah jalan layang ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan ataupun dimanfaatkan untuk taman-taman bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai rumah tinggal namun status rumah tersebut adalah rumah liar.

Kegiatan dibawah jalan layang
Ruang yang ada dibawah jalan layang memiliki unsur estetika untuk meminimalkan unsur kekakuan kontruksi jalan dengan dijadikan sebagai taman kota, tempat istirahat, dan lain sebagainya. Pengendalian ruang dibawah jalan layang perlu diprhatikan agar rumah-rumah da gubuk-gubuk liar tidak berkembang di ruang yang ada dibawah jalan layang. 

Bangunan dan kegiatan yang bermanfaat dibawah jalan layang juga ada seperti kegiatan parkir, ruang bebas dibawah jalan layang bisa digunakan untuk parkir motor ataupun mobil, tempat parkir yang demikian hanya dapat dilaksanakan bila tidak mengganggu kelancaran lalu lintas bagi kendaraan yang keluar masuk tempat parkir.








No comments:

Post a Comment