Pages

cari disini

Monday 23 March 2015

TUGAS 4 APTI 2 TEKNIK SIPIL C, SIDIK YUDO KUSUMO, 5140811115. "Teknik Sipil"

TUGAS 4 APTI 2 TEKNIK SIPIL C, SIDIK YUDO KUSUMO, 5140811115.

Teknik Sipil (Civil Engineering) merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagai mana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur tetapi juga mencakup lingkungan untuk kebaikan hidup manusia, maka dari itu ilmu ini diseut dengan sipil/civil.

Awalnya propesi engineer ini dimiliki oleh militer (bagian dari jabatan militer) untuk membangun pertahanan, benteng, pos-pos militer, jalan, jembatan dan bangunan pendukung perang lainnya. Seuasai perang para engineer ini dibutuhkan untuk membangun ulang kota yang sudah hancur akibat perang, menata kota lebih teratur sesuai kebutuhan, namun akhirnya profesi ini terpisah dari militer. Ilmu yang mencakupi teknik sipil termasuk matematika, fisika, kimia, geologi, lingkungan, hingga komputer. istilah civil engeneering sendiri dikenalkan oleh John Smeaton seorang kebangsaan Inggris yang telah banyak berkarya membangun berbagai macam struktur seperti "Eddystone Lighthouse" yang dibangun tahun 1756. Teknik sipil terbagi beberapa cabang yaitu struktur, geoteknik, manajemen rekayasa kontruksi, hidrolog, teknik lingkungan dan transportasi.

Perkembangan teknologi dalam teknik sipil tidak hanya berurusan dengan proyek bangunan, tetapi juga diharuskan memahami bidang lain seperti halnya informatika, komputasi yang memungkinkan untuk memudahkan kelancaran suatu proyek dalam analisis dan desaign, seperti misalnya pemodelan bangunan dengan AutoCAD, manajemen proyek dengan Primavera atau MS Project, bahkan analisis struktur semua itu bisa dimodelisasi.

No comments:

Post a Comment