Pages

cari disini

Thursday 27 August 2015

Batu

Bangunan dibuat untuk memenuhi kebutuhan maunusia akan suatu bangunan, bangunan di buat dengan berbagai macam bahan bangunan diantaranya dari semenn, pasir, batu, besi, danlain sebagainya. Batu merupakan salah satu bahan bangunan yang digunakan dalam mendirikan suatu bangunan, biasanya batu di gunakan sebagai bahan pondasi, cor, lantai, dan penunjang suatu bangunan.

Batu merupakan benda padat yang terbuat dari mineral atau mineraloid. Secara umum dalam batuan terdapat 3 jenis yaitu batuan beku, sedimen, sera metamorf. Petrologi merupakan sebutan untuk penelitian ilmiah batuan. Petrologi merupakan komponen penting dari geologi. Lapisan luar padat bumi, litosfer terbuat dari batuan.

Umumnya batuan diklasifikasikan berdasarkan komposisi kimia dan mineral, dengan tekstur partikel dan oleh proses yang membentuk batuan tersebut. Ciri-ciri tersebut mengklasifikasikan batuan menjadi beku, sedimen, metamorf. Batuan lebih diklasifikasikan berdasarkan ukuran partikelyang membentuk mereka. 

Pengkelasan tersebut dibuat berdasarkan:

  1. Kandungan mineral yang merupakan jenis-jenis mineral yang terdapat didalam batu ini,
  2. Tekstur batu, yaitu ukuran dan bentuk hablur-hablur mineral yang terdapat didalam batu,
  3. Struktur batu, yaitu susunan hablur mineral yang terdapat didalam batu,
  4. proses pembentukan batu.
Batu-batu biasanya dibagi menurut proses yang membenuknya, dan dibagi kepada tiga kumpulan yang besar yaitu:
  1. Batu Beku,
  2. Batu Endapan,
  3. Batu Metamorf.
Batu meupakan bahan yang terdapat dari alam yang dapat digunakan untuk bangunan, namun tidak semua batu dapat digunakan untuk bangunan hanya jenis batu-batu tertentu saja yang dapat digunakan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk bersama, sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment