Pages

cari disini

Thursday 27 August 2015

Litosfer


Litosfer merupakan lapisan terluar dari planet berbatu, secara harafiah litosfer merupakan lapisan bumi yang paling luar atau bisa disebut dengan kulit bumi. Litosfer terdiri atas dua bagian yaitu litosfer atas dan litosfer bawah, karena pada lapisan ini umumnya terjadi dari senyawa kimia yang kaya akan Si02 yang mnyebabkan lapisan litosfer dinamakan lapisan silikat dengan ketebalan rata-rata 30km dan memiiki dua bagian.



Litosfer dipotong oleh astenosfer yang merupakan bagian yang lebih lemah, lebih panas, dan lebih dalam dari mantel, batas litosfer dengan astenosfer dibedakan dari responnya terhadap tegangan: litosfer tetap padat walau dalam jangka waktu geologis yang relatif lama dan berubah secara elastis karena retakan-retakan, sedangkan astenosfer berubah seperti cairan kental.

Ada 2 tipe litosfer:

  1. Litosfer Samudra, yaitu litosfer yang berhubungan dengan kerak samudra dan berada didasar samudra,
  2. Litosfer Benua, yaitu litosfer yang berhubungan dengan kerak benua.
Litosfer benua memiliki kedalaman 40-200 km, sedangkan litosfer samudra memiliki keebalan 50-100 km. Kerak benua dibedakan dengan lapisan mantel atas karena keberadaan lapisan mohorovicic.

Artikel diatas mengenai litosfer yaitu lapisan bumi yang paling luar atau bisa juga disebut dengan kulit bumi, semoga saja artikel mengenai litosfer ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment