Pages

cari disini

Monday 31 August 2015

Jembatan Penyangga

Jembatan penyangga adalah jembatan yang biasnya digunakan untuk mengatasi maslah pembuatan apabila keadaan tidak praktikal untuk menahan beban jembatn dari bawah semas pembuatan. Disebabkan karena ia agak keras atau tidak mudah bergoyang, ini sesuai digunakan untuk membawa landasan kereta api.



Kelebihan jembatan ini adalah ia boleh dibina dengan hanya menggunakan caisson sementara, ini dilakukan dengan membuat kedua-dua bagian sekaligus untuk memastikan keseimbangan jembatan tersebut. Kebanyakan jembatan penyangga menggunakan struktur yang serupa, setiap satu dengan satu menara dan dua penyangga yang terjulur keluar.

Lalu apa bila siap jembatan itu akan ditambah diujungnya untuk menghindari penyangga tadi terjungkit, dan menghasilkan celah yang lebar diantara kedua penyangga tadi. Kemudian satu jalan yang telah siap dibina pertama-tama diangkat dan diletakkan ditengah-tengah jembatan itu menggunakan kabel untuk menyambung kedua bagian tersebut.

Prinsip penyangga ini dapat digunakan untuk pembuatan jembatan gerbang tertekan. dalam banyak pembuatan jembatan jarak jauh medern, menara dan kabel sementara digunakan untuk menahan bagian-bagian gerbang yang dibuat secara bertingkat. Cara ini lumayan sama dengan pembuatan jembatan kabel penahan. Penggunaan menara sementara ini mengurangi jumlah bahan yang di perlukan dan memudahkan perancangan.

1 comment: