Bantalan rel kereta api adalah tempat rel bertumpu dan diikat dengan penambat, maka dari itu harus cukup kuat untuk menahan beban kereta api yang berjalan diatas rel. Bantalan dipasang melintang rel pada jarak antara bantalan yang satu dengan lainnya sepanjang 60cm.
Jenis Bantalan
Bantalan Kayu
Bantalan ini merupakan bantalan yang pertama sekali digunakan dalam dunia perkerta apian, dam dihgunakan di jembatan karena kayu lebih elastis dari beton. Kelemahan dari bantalan kayu adlah daya tahan yang tidak terlalu lama, terutama pada daerah yang memiliki kelembapan dan curah hujan tinggi.
Bantalan Baja
Bantalan ini terbuat dari plat baja biasanya dipasang pada lengkungan, tidak pada keseluruhan lintasan kereta api karena harganya lebih mahal dari harga beton
Bantalan Beton
Bantalan yang terbuat dari beton bertulang prategang, padabantalan beton juga digunakan angker penamabat. Keunggulan dari bantalan ini adalah daya tahan terhadap cuaca lebih baik dari bantalan kayu
Bantalan Slab
Bantalan ini adalah bantalan yang langsung menjadi satu dengan badan jalan yang di cor dalam bentuk slab. Pengerjaan harus sangat teliti untuk mendapatkan hasil yang optimal. Investasi untuk pembangunan lintasan dengan bantalan slab lebih besar dari bantalan beton atau baja, namun biaya perawatannya jauh lebih rendah. Tipe bantalan ini dibangun untuk lintasan kereta api cepat, lintasan yang arus kereta apinya tinggi
No comments:
Post a Comment