Pages

cari disini

Thursday 3 September 2015

Dermaga

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh laut-laut maka dari itu diperlukan adanya sarana transportasi yang dapat menghubungkan pulau-pulau yang ada di Indonesia. Tranportasi laut maupun transportasi udara menjadi pilihan yang efektif untuk transportasi yang mendukung penyebrangan dari satu pulau kepulau lain.

transportasi Laut menjadi pilihan yang lebih populer untuk pengiriman barang dari satu pulau ke pulau yang lain di bandingkan tranportasi udara. Tranportasi laut seperti kapal bisa lebih banyak mengangkut penumpang di bandimgkan pesawat walaupun jarak tempuhyang cukup lama dibandingkan dengan pesawat.



Banyaknya penyebrangan laut yang menggunakan kapal perlu diimbangi dengan pembangunan fasilitas dipelabuhan sebagai fasilitas untuk penumpang kapal ataupun untuk tempat diturunkannya peti kemas dan untuk menerima kapal. Pada pelabuhan tersebut ada yang disebut dengan dermaga yang menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal.

Dermaga adalah tempat dimana kapal ditambatkan di pelabuhan. Di dermaga tempat dilaksanakannya aktifitas bongkar muat barang dan penumpang dari dan ke dalam kapal. Pada dermaga juga dilakukan aktifitas pengisian bahan bakar untuk kapal, air minum, air bersih, saluran untuk air kotor atau limbah yang akan diproses lebih lanjut di pelabuhan.

Tipe Dermaga
Dermaga Quai Wall
Terdiri dari struktur yang sejajar pantai, berupa tembok yang berdiri diatas pantai kontruksi sheet pile baja/beton atau caisson beton. Biasanya dilokasi pantai tidak landai yang sering disebut dengan pelabuhan alam sehingga kedalaman yang diinginkan tidak terlalau jauh dari garis pantai
Dermaga system jetty
Dermaga ini bisa berupa dermaga apung yang umumnya digunakan untuk kapal-kapal penumpang pada dermaga angkutan sungai atau danau yang tidak membutuhkan kontruksi yang kuat yang akan menahan muatan barang yang diangkut dengan kapal
Dermaga dolphin
Tempat sandar kapal berupa dolphin di atas tiang pancang, Biasanya di lokasi dengan pantai yang landai, diperlukan jembatan trestel sampai kedalaman yang dibutuhkan.

Jenis Dermaga

  • Dermaga barang umum, adalah dermaga yang diperuntukan untuk bongkar muat barang umum keatas kapal
  • Dermaga peti kemas, dermaga yang khusus diperuntukan untuk bongkar muat peti kemas. Bongkar muat peti kemas bias nya menggunakan kran (crane)
  • Dermaga curah, adalah dermaga yang khusus digunakan untuk bongkar muat barang curah yang biasanya menggunkan ban berjalan (conveyor belt)
  • Dermaga khusus, dermaga yang digunakan untuk mengangkut barang khusus, seperti bahan bakar minyak, bahan bakar khusus dan lain sebagainya.
  • Dermaga marina, dermaga yang digunakan untuk kapal pesiar, speed boat
  • Dermaga kapal ikan, demaga yang digunakan oleh kapal ikan.

No comments:

Post a Comment