Pages

cari disini

Friday 11 September 2015

Pelabuhan

Sebelum kita membahas tentang pelabuhan, terlebih dahulu kita tahu atau paham apa yang dimaksud kepelabuhan. Jadi, kepelabuhan merupakan sesuatunyang berhubungan atau berkaitan dengan segala kegiatan penyelenggaraan kegiatan pelabuhan serta kegiatan yang lain untuk melaksanakan fungsi pelabuhan guna menunjang kelancaran pelabuhan tersebut.






Dalam hal menunjang kelancaran kegiatan dipelabuhan termasuk untuk kelancaran arus lalu lintas kapal, para penumpang, dan barang, keselamatan disaat berlayar, mendorong peningkatan perekonomian nasional serta suatu daerah serta tidak kalah pentingnya keamanan serta ketertiban pelabuhan itu sendiri.

Terdapat 2 macam istilah yang terdapat di Indonesia yang berkaitan dengan arti pelabuhan dan bandar. Pelabuhan adalah fasilitas yang ada di ujung samudra, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo atau penumpang kedalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki fasilitas yang dirancang khusus untuk memuat dan membingkar muatan kapal-kapal yang berlabuh.

Bandar merupakan tempat dimana pelabuhan yang terlindung pada gelombang serta angin yang ditempati kapal untuk berlabuh. Selain pengertian yang sudah dijelaskan diatas banyak refrensi mengenai pelabuhan.

  1. Pelabuhan merupakan suatu wilayah yang terdiri atas daratan, perairan dengan batas tertentu sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pemerintah dan ekonomi yang digunakan untuk tempat bersandarnya kapal, berlabuhnya kapal, naik atau turunnya penumpang, bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang serta sebagai tempat perpindahan.
  2. Pelabuhan adalah sebagai tempat berlindung dari berbagai gerakan gelombang laut, sehingga dalam melakukan aktifitas bongkar muat dapat dilaksanakan dengan aman.
  3. Pelabuhan merupakan pintu gerbang dan dapat memperlancar hubungan antar daerah dan pulau atau bahkan benua dan bangsa.
Tulisan  yang terdapat diatas merupakan beberapa pengertian secara umum tentang apa itu pelabuhan. semoga artikel ini dapat bermanfaat, terimakasih.

No comments:

Post a Comment