Pages

cari disini

Tuesday 1 September 2015

Jembatan Gerbang Tertekan

Jembatan dengan bentuk ini adalah jembatan yang paling awal yang dapat merintangi jarak yang jauh menggunakan batu bata ataupun konkrit. Bahan-bahan ini boleh menerima tekanan yang tinggi namun tidak boleh menahan tegangan yang kuat. Jembatan ini berbentuk pintu gerbang, maka seberang tekanan menegak akan turut menghasilkan tekanan mendatar di puncak gerbang itu.

Dalam kebanyakan jembatan  gerbang, jalan di letakan diatas struktur gerbang itu. Saluran air, orang-orang Roma dahulu menggunakan kaedah untuk menyusun beberapa jembatan gerbang, dari jembatan panjang ke jembatan pendek apabila ketingian ditambahkan, untuk mencapai ketinggian sambil mengekalkan ketegaran struktur itu, dengan mengelakkan pembinaan elemen menegak yang tinggi dan langsins.

Kebanyakan jembatan gerbang tertekan moden di buat dengan konkrit diperkuat, dalam pembuatannya pendukung sementara bisa didirikan untuk mendukung bentuk jembatan itu, apabila konkrit telah mengeras barulah pendukung sementara itu dibuang. Salah satu variasi jembatan jenis ini adalah apabila gerbang jembatan itu naik lebih tinggi dari jalan, dalam kasus ini kabel tembaga menghubungkan jalan dengan gerbang itu.

No comments:

Post a Comment