Pages

cari disini

Tuesday 1 September 2015

Jembatan Rangka Batang

Jembabtan rangka batang adalah jembatan yang terdiri dari batang-batang (biasanya batang lurus) yang dihubungkan dengan hubungan sendi sehingga membentuk rangka segitiga yang akan mengalami tegangan akibat dari gaya tarik, gaya tekan, atau bahkan kadang-kadang keduanya jika terkena beban-beban dinamis.





Jembatan rangka batang merupakan salah satu tipe jembatan tertua diantara jembatan-jembatan masa kini. Tipe struktur jembatan mudah didesain dengan biaya yang murah untuk dibangun karena efisien dalam penggunanan bahan-bahan kontruksi. Untuk keperluan analisis struktur umumnya jembatan-jembatan rangka batang ditinjau sebagai batang-batang yang dihubungkan dengan sambungan sendi.

Analisis yang lebih rumit mungkin harus dilakukan jika sambungannya dibuat kaku sehingga menyebabkan momen pada batang yang relatif besar. Jembatan rangka batang jarang terlihat memiliki estetika yang baik, namun untuk jembatan dengan rangka yang panjang dan besar faktor tersebut tidak begitu ketara karena pengaruh visual dalam skala besar.

Keuntunagan dari jembatan-jembatan rangka batang adalah ringan, kuat, menggunakan batang-batang yang pendek,ekonomis. Jembatan ini memiliki kekuatan yang bagus karena mereka terbuat dari segitiga-segitiga yang disusun satu dengan lainya. keuntungan lain dari jembatan ini adalah jembatan dapat dibangun pada tempat yang memadai, setelah selesai diangkut lalu dipasang pada tempat yang dimaksud, namun ini tidak selalu dapat dilakukan.

Jembatan rangka batang sangat cocok digunakan untuk jembatan yang membentang diatas jalan atau rel kereta, karena dapat meminimalkan gangguan pada lalu lintas jalan atau rel kerata. Bentuk jembatan rangka batang yang dikenal luas antara lain bentuk rangka batang Warren (warren truss), rangka batang Pratt (pratt truss), rangka batang Howe (howe truss).

No comments:

Post a Comment