Pages

cari disini

Tuesday 1 September 2015

Jembatan Tol

Jembtan tol adalah jembatan yang dimana yang melewati jembatan tersebut harus membayar. Sejarah praktik pemungutan pada jembatan kemungkinan bermula bahwa dahulu orang harus membayar ketika menumpang perahu saat menyebrangi sungai. Ketika perahu tidak lagi dapat menampung muatan yang besar, operator penyebrangan sungai mencari sumber penerimaan lain yakni dengan membangun jembaan.





Di Indonesia sendiri pernah terdapat 2 jembatan tol, yang pertama adalah jembatan tol Citarum rajamandala, dan jembatan tol Mojokerto. Jembatan tol Citarum Rajamandala melintasi sungai Citarum. Jembatan Mojokerto dengan panjang jembatan mencapai 1 km meintasi sungai Brantas, dikelola oleh PT JASA MARGA, namun sejak tahun 2003 jembatan tersebut telah ditetapkan sebagai jembatan tanpa tol.

Beberapa jembatan tol ang ada diluar negeri diantaranya jembatan london dulunya merupakan jembatan tol namun sekarang sudah tidak lagi. Di Skotlandia, parlemen Skotlandia membeli jembatan Skye dari pemiliknya pada akhir tahun 2004, yang mengakhiri membayar tol yang cukup mahal untuk menyebrang dari pulau Brytania ke pulau Skye.

No comments:

Post a Comment