Pages

cari disini

Thursday 27 August 2015

Batu Granit

Banyak sekali jenis batu yang ada di dunia bahkan yang ada di Indonesia. Ada beberapa batu yang dianggap indah dan bagus lalu di gunakan sebagai hiasan seperti batu cincin, ada juga yang menganggap batu-batu tertentu membawa keberuntungan bagi pemiliknya dan ada juga batu yang dijadikan sebagai hiasan interior, Jenis batu tertentu juga bisa digunakan sebagai bahan bangunan.

Granit merupakan jenis batuan intrusif, felsik, igneus yang umum dan banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia. Batu ini pada umumnya berukuran besar dengan karakteristik keras dan kuat, dengan demikian batu granit banyak digunakan sebagai batuan unuk lantai dan dinding bangunan. Kepadatan batu granit adalah sekitar 2,75 gr/cm3 dengan jangkauan antara 1,74 dan 2,80.

Dalam bidang tertentu seperti bidang industri dan rekayasa, batu granit banyak dipakai sebagai bidang acuan dalam berbagai pengukuran dan alat pengukur, hal ini dikarenakan granit bersifat kedap air, non-higrokopis, kaku, dan memiliki koefisien ekspansi termal yang sangat rendah, salah satu penerapannya adalah pada mesin koordinat.
Batu ini memiliki beberapa kelebihan tahan terhadap goresan, memiliki daya kilap yang relatif tahan lama, pori-pori granit relatif lebih rapat sehingga lebih tahan terhadap noda memliki kekebalan alami terhadap panas, harga batu ini relatif agak murah. Demikian artikel mengenai batu GRANIT semoga artiket ini dapat bermanfaat, terima kasih.

1 comment:

  1. Blog lumayan spesifik, interest , saya akan datang lagi

    ReplyDelete