Pages

cari disini

Monday 14 September 2015

Stasiun Kereta Api

Stasiun kereta adalah tempat untuk menaikan atau menurunkan penumpang yang menggunakan kereta, tidak hanya stasiun kereta dahulu juga dikenal dengan halte kereta api yang memiliki fungsi hampir sama dengan stasiun kereta api. Untuk daerah/kota yang baru dibangun mungkin stasiun portable bisa dipergunakan untuk stasiun kereta.

stasiun portebel
Jalur Rel
Stasiun kecil memiliki 3 jalur rel kereta api yang menjadi satu pada ujung-ujungnya. Penyatuan jalur-jalur tersebut diatur dengan alat pemindah jalur yang dikendalikan dari ruang PPKA. Selain sebagai tempat pemberhentian kereta api, stasiun juga berfungsi bila terjadi persimpangan antar kereta api sementara jalur lainnya digunakan untuk keperluan cadangan dan langsir. 




Pada halte biasanya tidak dilengkapi jalur tambahan dan juga percabangan, pada masa lalu, setiap stasiun memiliki pompa dan tangki air serta jembatan putar yang dibutuhkan pada masa kereta api masih ditarik dengan lokomotif uap. Keberadaan stasiun kereta api umumnya bersamaaan dengan keberadaan sarana kereta api.

Peron Setasiun
Peron merupakan tempat naik turun penumpang distasiun, jadi peron adalah lantai pelataran tempat para penumpang naik turun dan jalur rel melintas pada stsiun. Skarang ada 2 macam kontruksi lantai peron, yaitu lantai peron yang dibangun sebelum perang dunia ke-2 biasany dengan lantai rendah, sedangkan bentuk kedua adalah yang dibangun setelah proklamasi umumnya dengan lantai modifikasi yang ditinggikan.

Fasilitas yang terdapat di stasiun kereta api

  • Ruang kepala stasiun
  • Peron atau ruang tunggu
  • Tempat penjualan tiket, tempat informasi
  • Tempat parkir di sekitar stasiun
  • Ruang PPKA (Pengaturan perjalanan kereta api) beserta peralatannya. seperti wesel (alat pemindah jalur), sinyal, telegraf, telepon, dan lain sebagainya.
Artikel diatas merupakan artikel mengenai stasiun kereta api, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca, terimakasih.

No comments:

Post a Comment